Jelang Pertemuan OPEC+, Harga Minyak Masih Moderat

Jelang Pertemuan OPEC+, Harga Minyak Masih Moderat

Diperbarui • 2023-11-22

Harga minyak mentah acuan AS, Western Texas Intermediate (WTI), menghentikan sesi kenaikan tiga hari, dan diperdagangkan turun mendekati $77,70 per barel pada sesi hari Rabu (22/11/2023). Harga minyak mentah berada di bawah tekanan moderat karena kemungkinan terjadi penumpukan cadangan minyak mentah AS dalam jumlah besar.

Cadangan minyak mentah AS yang lebih tinggi menghapuskan kenaikan yang disebabkan oleh potensi pembatasan pasokan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen sekutunya. Investor tetap mewaspadai kebijakan OPEC+ menjelang pertemuan mereka pada hari Minggu, ketika kelompok kartel produsen minyak tersebut mungkin mengusulkan memperdalam pembatasan pasokan sebagai respons terhadap melemahnya pertumbuhan ekonomi global.

Harga minyak mentah meningkat setelah tiga sumber OPEC+ mengatakan kepada Reuters bahwa kelompok produsen bermaksud untuk membahas pembatasan pasokan minyak lebih lanjut ketika bertemu pada tanggal 26 November mendatang.

Pasar mengantisipasi bahwa OPEC+ akan melanjutkan atau mungkin meningkatkan pembatasan produksi minyaknya hingga tahun depan. Namun, kepala bagian pasar dan industri minyak Badan Energi Internasional (IEA), Toril Bosoni mengatakan kepada Reuters bahwa pasar minyak global mungkin mengalami sedikit surplus pasokan pada tahun 2024.

Trader kemungkinan besar akan memperhatikan laporan Perubahan Persediaan Minyak Mentah EIA pada hari Rabu, yang akan memberikan ukuran mingguan perubahan jumlah barel minyak mentah dan turunannya dalam cadangan minyaknya.

Minyak mentah acuan naik sekitar 4% pada hari Jumat lalu dan terus meningkat pada hari Senin setelah Reuters melaporkan, mengutip sumber, bahwa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, akan mempertimbangkan apakah akan menambah pasokan minyak atau pemangkasan untuk mendukung harga ketika bertemu pada 26 November.

Kelompok ini telah menjanjikan pengurangan total produksi minyak sebesar 5,16 juta barel per hari, atau setara di sekitar 5% dari permintaan global harian, dalam serangkaian langkah yang dimulai pada akhir tahun 2022.

Pemangkasan pasokan ini termasuk pemangkasan sukarela tambahan yang dilakukan oleh Arab Saudi dan Rusia, dan kedua produsen utama tersebut telah berjanji untuk melanjutkan pengurangan pasokan mereka hingga akhir tahun ini, namun mungkin memutuskan untuk mengumumkan pengurangan lebih lanjut untuk mendukung harga.

Menambah sentimen positif, bank sentral Tiongkok (PBOC) mempertahankan suku bunga pinjaman acuannya tidak berubah pada rekor terendah, dan regulator berjanji untuk memberikan lebih banyak dukungan kebijakan kepada sektor real estat, yang merupakan penggerak utama ekonomi terbesar kedua.

Meskipun impor minyak Tiongkok tetap stabil selama setahun terakhir, memburuknya kondisi perekonomian di negara tersebut telah menimbulkan keraguan mengenai apakah permintaan minyak akan tetap kuat. Tiongkok juga telah membangun persediaan minyak dalam jumlah besar, dan baru-baru ini menerapkan pembatasan yang lebih ketat pada kilang-kilang lokal.

Analisa Minyak Mentah (WTI)

XTIUSDDaily.png

Harga minyak masih berpotensi turun atau bearish meskipun ada dukungan harga menjelang rapat OPEC+ akhir pekan ini. Berada di bawah MA200, harga minyak WTI memberikan indikasi bearish lanjutan menuju level support 67.37. Namun, sentimen bullish atau positif baru akan intensif mendominasi pasar jika berhasil naik ke atas MA100 dan resistance 82.00.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Menyerupai

XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh
XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh

Harga minyak mentah acuan AS West Texas Intermediate (WTI) masih dalam jalur melanjutkan kenaikan untuk hari ke tujuh secara beruntun, pada Rabu (14/02/2024). Menurut laporan pasar minyak bulanan OPEC, ada kekhawatiran mengenai kepatuhan kelompok ini terhadap pemangkasan produksi

Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi
Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi

Pasar saham Asia melemah pada perdagangan Selasa (30/01/2024), terseret oleh kasus likuidasi perusahaan raksasa properti China..Kegelisahan investor terhadap meningkatnya ketegangan di Timur Tengah telah mengendalikan sentimen risiko.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera